-->

Wisata di Merauke: Ini 5 Tempat yang Layak Anda Kunjungi

Post a Comment


Wisata Kota Merauke- Kota yang namanya diadikan dalam salah satu lagu wajib nasional Indonesi ini sudah tidak asing lagi diteliga masyarakat Indonesia. Kota ini merupakan kota ujung Timur Indonesia. Selain menyimpan kenangan sejarah. Kota ini juga menyimpan beragam tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikujungi. Bukan hanya karena tempat wisatanya yang membuat kota ini unik, tetapi juga karena berbatasan langsung dengan negara tetangga. Papua New Guinea.

Ketika sobat ke kota yang juga dijuluki sebagai kota rusa ini, ada banyak hal yang akan membuat sobat kagum. Terutama, tempat wisatanya. Nah...sebelum sobat mengujungi kota ini. Dihai akan merekomenasikan beberapa tempat wisata pilihan di Merauke yang dapat sobat pertimbangkan dalam daftar kujunjungan ada. Berikut 10 Tempat yang Layak Sobat Kujungi di kota merauke.

1. Wisata Pulau Habe


Pulau Habe- Pulau yang terletak di Kampung Wambi, Distrik Okaba ini harus anda kunjungi. Pulau ini memiliki garis pantai pasir putih yang cukup luas, dengan sedikit selingan batu karang. Air lautnya, jernih kebiruan yang iringi pukulan ombak akan membuat sobat rindu untuk kembali ke tempat ini. Bukan hanya itu, ketika sobat ke pulau ini akan serasa berada di Brazil. Di sana terdapat patung Kristus Raja yang tentunya sangat mirip patung Kristus di Brasil. Di sana sobat bisa berfoto, berenang, menyelam dan semua aktivitas wisata pantai yang sobat idamkan.
Dihaimoma.com
Pulau Habe[Image:Source]
Fenomean unik di Pulau ini adalah adanya perubahan struktur pasir pada setiap tahun. Perubahan tersebut mengikut musim angin. Saat angin tenggara menghembus ke arah pulau, pasirnya perlahan berpindah ke arah barat dan turut membentuk permukaan pantai pasir baru. Begitu pun sebaliknya. Selain itu, pepohonan dan tumbuhan di pulau ini hampir semuanya khas dataran tinggi.


Rute menju Pulau Habe cukup jauh. Sobat membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam perjalan dari pusat kota Merauke. Setelah tiba di kampung Wambi, sobat lanjut lagi dengan Perjalanan laut mengunakan speedboat untuk sampai Pulau ini.

2. Pantai Lampu satu

www.dihaimoma.com
Pantai lampu satu [image:Source]
Pantai Lampu satu ini terletak di Kampung Buti. Penamaan itu karena di pantai ini terdapat mercusuar dengan sebuah lampu sebagai alat penerangnya. Para wsiatawan memilih tempat ini bukan hanya kerena keindahannya lautnya, tetapi juga untuk menikmati indahnya sunset di sore hari. Jadi, kalau sobat di pantai ini sebaiknya jangan keburu pulang. Satu hal yang membuat pantai ini unik karena air lautnya bisa surut hingga 2 Km dan membentuk hamparan pasir putih yang dapat sobat jelajahi sepusanya.

3. Tanaman Nasonal

Taman Nasional Wasur Merauke menjadi salah satu tujuan wisata utama. Bagaiman tidak, tempat ini menjadi surganya para unggas. Mulai dari burung-burung endemik Papua sampai dengan para tamu terhormat dari negara lain dapat dengan mudah sobat temukan di taman ini. Kok tamu? Iya...Selama bulan Agustus -November taman ini sering dipadati ribuan burung imigran. Uniknya, sirkulasi ini hanya terjadi sekali dalam setahun.

Burung-burung itu datang dari Australia, New Zealand dan Cina. Beberapa diantaranya bangau abu-abu, pelikan, ibis, Royal Spoonbills dan lain-lain. Mereka singga di tempat ini untuk mencari makan dan istirahat sebelum akhirnya kembali ke tempat asal mereka. Keberadaan mereka itu menujukkan Taman Nasional Wasur merupakan persinggahan burung-burung air ketika belahan bumi utara beriklim dingin.

www.dihaimoma.com
Taman nasional  Wasur[image;Source]
Sejauh ini yang telah diketahui  403 species burung. Dari jumlah itu,  74 species diantaranya endemik Papua dan diperkirakan sekitar  114 species lainnya juga merupakan burung yang dilindungi. Di kawasan taman ini ditemukan juga keanekaragaman ikan dengan 111 spesies dan tercatat memiliki 6 jenis ekosistem. Selain itu, terdapat  3 spesies kanguru kecil, kuskus nokturnal, kasuari, Buaya air tawar Papua, buaya air muara, Rusa, dan masih banyak lagi.

Rute untuk mencapai Taman Nasional ini hanya membutuhkan waktu 1-2 jam dari Kota Merauke.

4. Wisata ke Danau Rawa Biru


Danau Rawa Biru terletak di Kampung Rawa Biru yang juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Wasur. Danau Rawa Biru sejak zaman Belanda sudah menjadi sumber air bersih bagi masyarakat Merauke. Jadi, Sumber air Rawa Biru ini masih terawat dan terjaga hingga kini.

Jadi wajar kalau sobat berkunjung ke kampung rawa biru. Sobat akan menemukan bangunan peninggal Belanda beserta 7 pompa air yang dibagian  di bagian depannya bersama tank penampungannya.

www.dihaimoma.com
Danau Rawa Biru[Image:Source]

Untuk menuju ke tempat ini, sobat bisa menggunakan kendaraan darat berupa motor atau mobil. Sobat hanya membutuhakan waktu 1-2  jam (tergantung kecepatan kendaran anda) perjalanan. Tapi ingat! Kala lagi musim hujan, biasanya jalan becek dan kadang-kadang air menggenangi jalan. Jadi, usahakan mengunakan sepeda motor ya!

5. Wisata Pantai Payum 


Pantai Payum merupakan salah satu pantai di Merauke yang layak  anda kunjungi. Letak pantai ini tidak jauh dari kawasan Kampus Musamus. Secara keseluruhan Pantai ini tidak berbeda jauh dengan Pantai Lampu Satu. Hal yang membut pantai ini unik adalah pasir pantainya berwarna kecokelatan  dengan  tekstur halus yang terhampar luas bagai samudra.

Rute untuk sampai ketempat ini sangat mudah. Dari pusat kota Merauke, sobat tinggal naik angkutan umum, menuju Payum dengan waktu tempuh kurang lebih 10-20 menit. Tergantung kecepatan kendaraan.

6. Wisata kuliner + Tugu


Merauke dijuluki kota rusa karena memang banyak rusanya. Sobat bisa menikmati sate rusa yang menjadi khas kota ini. Setelah atau sebelum menikmati sate rusa. Sobat bisa, saran saya sobat bisa mengujungi beberapa tugu di kota ini.

Tugu Km 0 atau yang dikenal luas dengan tugu titik 0 ini merupakan salah satu batas Timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Papua New Guinea. Tapi, bukan berarti tugu ini merupakan tanda perbatasan antara kedua negara. Perbatasannya sendiri, terletak sekitar 500 m dari tugu titik nol. Tugu Titik nol terletak di distrik Sota dan dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1-2 jam dari kota Merauke. Tugu bermahkotakan patung burung garuda ini, bernama Tugu Kembaran Sabang-Merauke.
Tugu Brawijaya Merauke [image:Source]
Sobat juga bisa mengujungi,Tugu Lingkaran Brawijaya yang terletak di Jalan Parakomando, Kec. Merauke atau Tugu LB Moerdani yang didirikan untuk mengenang jasa Mayor LB. Moerdani. Tugu ini berdiri tepat distrik Tanah Miring.

Sejarahnya, pada  4 Juni 1962 memerintah Indonesia menerjukan pasukan RPKAD –TNI yang dipimpinan Mayor LB.Moerdani untuk invasi Irian Barat dari Belanda melalui Operasi Naga dan untuk mengenal peristiwa itu maka tugu ini didirikan. Tugu ini hanya berjarak 15 Km dari pusat kota.

Selan itu tugu, sobat juga bisa  berkujung ke Tugu Pepera Merauke yang juga merupakan penegasan hasil Pepera atas Papua pada tahun 1969.

Sebenarnya, tempat wisata di Merauke sangat banyak. Mulai dari wisata budaya, sejarah, bahari sampai dengan menonton dayung kaki satu yang sering berlangsung pada hari-hari besar.

Ada juga objek wisata yang dikenal dengan Lotus Garden yang dilengkapi dengan tempat bersantai. Tapi, setidaknya 6 tempat di atas ini yang dapat Dihai Rekomendasikan untuk anda. Semoga suatu saat sobat dapat mengujungi salah satunya. Terima kasih.

Related Posts

Comments

Subscribe Our Newsletter